Kamis, 28 November 2013

Semua masalah memiliki expired date

Ingat cerita Yakub bergulat melawan Tuhan di Pniel? Kisah ini dapat dibaca pada Kejadian 32:22-32. Seperti kita telah kita ketahui hasil akhir pertandingan tersebut dimenangkan oleh Yakub!.  Diceritakan Yakub bergulat dengan Tuhan sejak malam hari hingga fajar tiba. Karena fajar telah tiba maka "orang itu" harus segera pergi meninggalkan Yakub. Tetapi Yakub menahan pergi "orang itu" sebelum dia diberkati.

Pertandingan gulat ini adalah pengalaman nyata, bukan dalam mimpi. Tetapi Yakub tentu saja tidak melawan Tuhan. Yakub melawan wakilnya Tuhan. Ilustrasinya seperti pertandingan sepak bola Indonesia vs Korea Selatan. Korea Selatan tidak melawan seluruh rakyat Indonesia kan? Penjelasan ini dikuatkan oleh Hosea 12:2-4. Saya kutip sebagian saja. "Di dalam kandungan ia menipu saudaranya, dan dalam kegagahannya ia bergumul dengan TuhanIa bergumul dengan Malaikat dan menang...". Jadi sudah jelas Yakub bukan melawan Tuhan secara langsung, tetapi melawan wakilnya Tuhan, seorang Malaikat, yang bertarung dengan Yakub seperti manusia.

Cerita ini sebagai gambaran bagaimana upaya anak-anak Tuhan mencari berkat Tuhan di tengah-tengah masalah yang dihadapinya. Ketika saudara berdoa dan bergumul menantikan jawaban Tuhan atas masalah saudara, seolah-olah saudara sedang bergumul dengan Tuhan. 

Sikap Yakub sebagai pemenang adalah teknik bergulat yang harus saudara dan saya pelajari:
  1. Fokus (ayat 22-24): Yakub hanya fokus kepada Tuhan, yaitu mencari wajahNya. Tempat yang dinamai Yakub, Pniel berarti "wajah Tuhan" (Face of God). Orang yang mencari wajah Tuhan akan dilimpahi berkat-berkatNya.
  2. Mental (ayat 25): Yakub sebelumnya dikenal sebagai anak Mama. Tetapi pengalaman hidupnya sejak dia dikejar-kejar oleh Esau hingga perlakuan pamannya Laban, telah menempa dia sebagai laki-laki yang punya mental berjuang.
  3. Gigih (26-28): Yakub punya prinsip dalam bertarung yaitu "jangan menyerah sebelum pluit wasit bertiup". Dia gigih berjuang sampai berkat Tuhan menjadi miliknya.

Ingat baik-baik setiap masalah punya masa kadaluarsa (expired date). Tidak ada masalah yang tidak berakhir, jika saudara tekun mencari wajahNya. Ayat 26 yang berbunyi "Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing", menjukkan kepada saudara dan saya bahwa masalah tidak tahan berlama-lama bersama kita, jika kita bersama Tuhan. Dan masalah segera mengakhiri masa aktifnya, alias expired!! 

Pembentukan Yakub oleh Tuhan telah mengangkatnya menjadi bapa leluhur Israel. Dia bukan lagi Yakub si-Penipu, tetapi Israel sang Pangeran Tuhan.

ADV



Tidak ada komentar:

Posting Komentar