Rabu, 27 November 2013

Setiap Masalah Pasti Ada Jalan Keluarnya [1]


Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Tuhan Yesus meyakinkan hal ini kepada kita melalui 1 Korintus 10:13: "Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Tuhan setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya".


Mari kita pelajari ayat ini.
Bagian akhir dari ayat ini mengatakan "sehingga kamu dapat menanggungnya" artinya bahwa Tuhan tidak menghilangkan masalah itu sama sekali dari hadapan saudara. Masalahnya tetap ada. Atau persoalan hidup yang saudara sedang hadapi tetap sama, tetapi bedanya saudara sanggup menanggungnya. Jadi jangan pernah menganggap bahwa Tuhanlah yang menanggung beban saudara!

Jika saudara sudah menyadari bahwa Tuhan tidak memindahkan atau menghilangkan masalah saudara, tetapi sebaliknya Dia menggaransi bahwa saudara sanggup menanggungnya, mari kita kalkulasi seberapa kuat kita menanggung masalah bersama Tuhan.



1. Pencobaan yang tidak melebihi kekuatan manusia

Pencobaan berasal dari dua sumber, yaitu dari manusia itu sendiri dan dari iblis. Tuhan memang mengijinkan iblis mencobai kita, ingat kisah Ayub (baca Ayub 1:6-12). Pada ayat 12, Tuhan membatasi kewenangan iblis mencobai Ayub, sehingga iblis tidak boleh semena-semena kepada anak-anak Tuhan. Jadi yang pertama yang harus disadari bahwa Tuhan tidak pernah mengijinkan pencobaan atau masalah melampaui kekuatan saudara. Masalah-masalah yang datang kepada saudara adalah masalah-masalah yang mampu saudara atasi. Justru yang sering dialami anak-anak Tuhan, ketika masalah datang (mungkin bobotnya 60kg), langsung merasa tidak kuat dan jatuh, padahal Tuhan telah mengaruniakan kekuatan pada saudara untuk masalah itu, lebih dari itu (katakanlah 80kg). Jika saudara minta tolong pada Tuhan, Dia akan memberikan lagi kekuatan ekstra.



2. Tuhan setia pada janjiNya

Kesetiaan Tuhan Yesus sudah dibuktikan dengan menyerahkan nyawaNya kepada saudara demi dosa-dosa saudara. Filipi 2:8 menegaskan hal ini: "Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib". Jika nyawanya saja Dia berikan kepada saudara, masa terhadap masalah-masalah saudara Dia tidak tolong? Jadi ingat, saudara tidak sendiri menanggung masalah saudara. Tuhan Yesus dengan caranya sendiri, secara supranatural, akan menolong saudara tepat waktu. Tidak terlambat dan tidak terlalu cepat. Jadi saudara dan Dia harus bekerja bersama-sama. Jangan cepat menyerah, sebab mungkin saja Dia masih bekerja untuk saudara...


3. Tuhan menyediakan jalan keluar
Tuhan mengatakan setiap cobaan ada jalan keluarnya. Setiap cobaan mempunyai jalan keluarnya masing-masing. Apa jalan keluarnya? Apapun jalan keluarnya, yang harus saudara dan saya pahami terlebih dahulu adalah:
  • pada Tuhan yang baik itu, tidak ada sedikitpun niat jahat. Tuhan Yesus baik dan tidak pernah berubah. Dia tidak pernah melakukan yang tidak baik kepada saudara. Walapun keadaan saudara tidak baik, beban yang saudara alami sangat berat, jangan pernah berkata bahwa Yesus telah melakukan yang tidak baik pada saudara.
  • jalan keluar yang Tuhan berikan, apapun itu, adalah jalan keluar yang terbaik, yang terindah buat saudara. Sebab Dia yang paling tahu kebutuhan saudara, bahkan kehidupan kita. 

Jalan keluar yang Tuhan berikan menurut Alkitab ada bermacama-macam:
  • Melampaui apa yang saudara minta atau pikirkan. Efesus 3:20 "Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita".
  • Sama seperti yang saudara minta. Matius 7:7-8 "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan".
  • Tidak seperti yang saudara minta. Seperti Paulus yang telah meminta tiga kali kepada Tuhan agar duri dalam dagingnya dicabut, dan Yesus yang telah meminta tiga kali kepada Bapa agar cawan dilalukan daripadanya, menjadi contoh pada saudara, bahwa jalan keluar yang saudara minta tidak selalu sama seperti yang saudara inginkan. Tetapi Tuhan tetap menyediakan jalan keluar bagi saudara. 2 Korintus 12:8-9 "Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.". 

Jika saudara ingin jalan keluar dari Tuhan maka saudara jangan keluar dari track atau orbitnya Tuhan. Tetap andalkan Tuhan. Jangan menyerah sebab Dia sedang bekerja buat saudara.

ADV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar