Kamis, 12 Desember 2013

11.12.13


Angka ini dianggap spesial oleh sebagian orang bahkan oleh sebuah negara. Banyak orang menikah dan
berusaha melahirkan pada tanggal 11 Desember 2013. Negara Myanmar, sebagai tuan rumah penyelenggara, menjadikan tanggal ini sebagai waktu pembukaan acara olah raga se-Asia Tenggara Sea Games ke 27. Di Alkitab ada kisah menarik tentang 11 - 12 - 13. 


Mari kita pelajari Ulangan 11:12-13.

"...suatu negeri yang dipelihara oleh YAHWE, Tuhanmu: mata YAHWE, Tuhanmu, tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun. Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, sehingga kamu mengasihi YAHWE, Tuhanmu, dan beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.". 


Musa tak henti-hentinya mengingatkan umat Israel, sebelum memasuki tanah perjanjian, yaitu Tanah Kanaan. Hal utama yang sering diingatkan Musa kepada umat Israel adalah "agar sungguh-sungguh mendengar perintah Tuhan", supaya dapat "mengasihi" dan "beribadah dengan segenap hati dan segenap jiwa". Jika hal itu dilakukan maka YAHWE akan mencurahkan berkat sepanjang tahun.

Syarat & Ketentuan berlaku
Musa sedang menyusun suatu "Syarat & Ketentuan" atau "S&K". S&K sering muncul pada iklan-iklan yang mempromosikan hadiah. Ciri khasnya adalah tulisan ini ditulis dengan huruf yang berukuran sangat kecil dibanding dengan tulisan hadiahnya. Selain itu biasanya tulisan tersebut ditaruh di sudut paling bawah. Ini adalah teknik marketing, agar kastamer mau membeli produk tertentu dengan diiming-imingin hadiah. Apa isi dari syarat dan ketentuan, tidak pernah ditulis.

Alkitab sangat jelas menginformasikan kepada umat Kristen bahwa berkat dapat diraih dengan syarat-syarat tertentu. Hal-hal yang disyaratkan oleh Tuhan ditulis secara transparan, berimbang, dan sangat jelas. Pengkotbah seharusnya mengkotbahkan hal ini juga secara seimbang. Ada pengkotbah yang lebih menekankan berkatnya, tapi syarat-syaratnya kurang. Ada yang mengkotbahkan berkat, tapi lebih menekankan sisi lainnya yaitu kutuk.

Kembali kepada Ulangan 11:12-13, Tuhan melalui Musa memerintahkan umat Israel agar taat pada Tuhan di tempat yang baru. (Mungkin Musa sudah menyadari dia bakal tidak masuk ke Tanah Kanaan). Tuhan telah menyertai umat ketika keluar dari Mesir, maka Tuhan yang sama pula yang akan menolong mereka di tempat yang baru. Musa menyadari Tanah Kanaan tidak hanya persoalan berlimpah susu dan madu, tapi disana ada tantangan, ada musuh, dan masalah ketidaktaatan umat Israel menyembah YAHWE. Musa khawatir mereka akan menyembah Baal.

Tiga point yang saudara dan saya harus lakukan untuk mendapat berkat TUHAN:
1. Pegang teguh Firman Tuhan
2. Mengasihi Tuhan. Yesus berkata di Matius 22:37 "Kasihilah Tuhan, Elohimmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.".
3. Beribadah dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa. "Hati" disini artinya pikiran, akal budi.

Ketaatan adalah melakukan kehendak Tuhan, walaupun kita sendiri tidak suka. Kita perlu meneladani ketaatan Abraham untuk beberapa hal yang dilakukannya seperti meninggalkan kota kelahirannya, dan ketika mengorbankan anaknya Ishak. Orang taat, dapat berkat!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar